Beberapa Faktor Penyebab Tinggi Badan Tidak Bertambah

cara-meninggikan-badan-dengan-olahraga

Beberapa Faktor Penyebab Tinggi Badan Tidak Bertambah : Tubuh yang pendek terkadang akan menajdi halangan bagi seseorang dalam beraktivitas, bahkan terkadang juga akan menjadi halangan bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan.

Tubuh yang pendek sebenarnya bisa saja dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut adalah faktor genetika, menutupnya lempeng epiphyseal, dan kurangya asupan nutrisi atau kalsium yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tulang. Namun, untuk lebih jelasnya disini akan dijelaskan beberapa faktor penyebab tinggi badan tidak bertambah secara lanjut.

cara-meninggikan-badan-dengan-olahraga

  1. Kurangnya asupan makanan bergizi

Asupan makanan bergizi seseorang sangatlah penting dalam proses pertumbuhan tulang. Apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka pertumbuhan akan menjadi terhambat dan tidak bisa mendapatkan hasli yang maksimal. Kebutuhan gizi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang yaitu, antara lain vitamin D, kalsium, dan zat besi.

  1. Kebiasaan seseorang begadang

Pada saat malam hari sel-sel tubuh kita kan mengalami degenerasi dan dapat membantu  proses pertumbuhan tulang. Pada saat ini kita diharuskan berada dalam keadaan benar-benar beristirahat atau tidur. Apabila kita begadang, maka kinerja tubuh untuk meregenerasi sel-sel akan terhambat.

  1. Kebiasaan merokok

Kandungan yang terkandung dalam rokok seperti nikotinakan menghambat proses penyerapan kalsium di dalam tubuh kita. Sedangkan kita tahu sendiri bahwa kalsium berperan penting dalam proses pertumbuhan tulang. Selain itu merokok juga pastinya tidak baik bagi kesehatan karena dapat menggangu kinerja metabolisme tubuh.

  1. Kurangnya hormon pertumbuhan atau HGH

HGH merupakan hormon pertumbuhan manusia yang berfungsi untuk proses pertumbuhan mulai anak-anak hingga Remaja dan dewasa. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituary yang berada di bawah otak manusia. Apabila hormon ini diproduksi dalam jumlah yang cukup, maka pertumbuhan akan menjadi lebih optimal. Sebaliknya, apabila produksi hormon tersebut kurang, maka pertumbuhan akan menjadi terhambat.

  1. Kekurangan yodium
Baca Juga :   Faktor Penambah Tinggi Badan bagi Remaja

Faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang yang selanjutnya yaitu kurangnya yodium pada tubuh kita. Yodium merupakan bahan baku utama untuk memproduksi hormin tiroid. Hormon tiroid berfungsi sebagai penentu utama laju metabolismetubuh secara keseluruhan, termasuk proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta saraf. Jika anda kekurangan yodium ketika masih kecil, maka akan beresiko untuk memiliki postur tubuh yang pendek pada saat dewasa.

  1. Penyakit tertentu

Seseorang yang memiliki tubuh pendek bisa juga disebabkan oleh penyakit tertentu yang disebabkan oleh penyimpangan gen.

Contoh penyakit yang menyebabkan tubuh pendek adalah kretinisme dan sindrom turner. Kretinisme merupakan penyakit genetik yang membawa kelainan berupa keterbelakangan mental dan ketidaknormalan pertumbuhan pada anak-anak.

Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya hormontiroid di dalam tubuh. Selain kretinisme ada pula penyakit sindrom turner yang menjadi faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Sindrom turner merupakan penyakit keturunan yang disebabkan oleh kromosom seks. Sindrom turner menyeababkan gangguan dalam perkembangan fisik salah satunya adalah tubuh yang pendek.

  1. Faktor genetik atau keturunan

Salah satu penyebab tinggi badan tidak naik adalah faktor genetik atau turunan. Apabila orang tua kita memiliki postur tubuh yang kecil, maka kemungkinan pada saat dewasa kitaakanmemiliki postur tubuh yang kecil juga.

  1. Kebiasaan membawa beban yang terlalu berat

Kebiasaan seseorang membawa beban yang terlalu berat bisa menjadi salah satu penyebab tinggi badan tidak naik. Apabila ketika masa pertumbuhan anda sering mengangkat beban yang terlau berat maka pertumbuhan anda akan terganggu sehingga tidak akan terbentuk pertumbuhan tinggi yang optimal.